Mahasiswa UNM ini Ciptakan Alat Yang Disebut Si Manis

Makassar, yayanouht.org - "Si Manis" sebuah inovasi yang dikerjakan oleh tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta asal Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Yang terdiri atas Ketua Tim, Ahsan Taqwim Salam (jurusan Pend. Teknik Elektro) dan tiga anggota timnya, Nur Alam Fajar (Pend. Teknik elektro), Zainuddin (Pend. Teknik informatika dan komputer) dan Mawaddah Warahma (Pendidikan Teknik Elektronika). Diketahui, PKM ini merupakan wadah bagi mahasiswa di Seluruh Indonesia untuk berkompetisi.

Besutan program Menristekdikti melalui Dirjen belmawa ini terbilang cukup bergensi. Dari ribuan usulan program dari belbagai universitas, program "Si Manis" kini menjadi salah satu inovasi yang sementara terdaftar sebagai pada Program Kreatifitas Mahasiswa Karsa Cipta yg mendapat dana hibah dari dikti.

Menurut Ketua Tim Ahsan Taqwin Salam, dirinya bersama tim terinspirasi dari perkembangan teknologi komunikasi jarak jauh.

"Kami mendapat inspirasi dari perkembangan teknologi komunikasi jarak jauh nirkabel atau sistem telemetri yg semakin hari semakin membaik" Ujarnya kepada yayanouht.org, Senin, 03 Juli 2017.

Tinnya memberi nama "Si Manis" yang merupakan singkatan dari Sistem Monitoring dan Notifikasi Pemakaian Energi Listrik.

"Tujuannya agar dapat mempermudah pengiriman informasi data pemakaian energi listrik yg lebih akurat tanpa harus mendatangi objeknya, mampu memudahkan pemantauan dan memberikan pemberitahuan tentang pemakaian daya listrik terpakai" Papar Ahsan.

Selain itu, program ini juga mampu memberikan kontrol perhitungan pemakaain daya.

"ini dapat membantu proses perhitungan pemakaian daya listrik terpakai secara efektif dan efisien dalam waktu yg lebih singkat dan menghemat tenaga dibandingkan proses perhitungan daya listrik terpakai saat ini yg masih manual, mulai dari kedatangan petugas pencatat hingga melakukan perhitungan dri hasil pencatatannya. Ini jg dapat mengurangi kekeliruan pembacaan data yg dapat mengakibatkan kesalahan data sehingga tetap menjaga kepercayaan pengguna jasa" Jelas Ahsan sambil memperlihatkan alat yang telah di buatnya.

Di kesempatan yang sama, Nur Alam Fajar selaku Anggota Tim membeberkan cara kerja "Si Manis" kepada awak media.

"Jadi ada beberapa pekerjaan yg dapat dilakukan melalui grhapical user interface di personal computer yaitu memantau data dan mengirim perintah ke  kWh Mikrokontroller untuk selanjutnya perintah tersebut di proses oleh mikrokontroller. Komunikasi dari grapichal user interface dan kWh mikrokontroller ini memanfaatkan teknologi telemetri sebagai sarana komunikasi. Hasil dari proses yg dilakukan mikrokontroller pada kWh akan ditampilkan pada graphical user interface di personal computer server" Papar Nur Alam.

Namun, dibalik kelebihan alat yang telah dibuat ia dan timnya yang berjumlah 4 orang menyadari belum maksimal, sehingga selanjutnya masih butuh pemantapan untuk menghasilkan karya yang lebih maksimal.

Terpisah, Bakhrani Rauf selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan saat di konfirmasi oleh awak media melalui Whatsapp mengapresiasi mahasiswanya atas pencapaian dan program Si Manis yang dibuatnya.

"Program yang dibuat nanda Ahsan dan timnya ini unik dan patut di apresiasi, semoga bisa lanjut ke tahap berikutnya membawa nama baik Fakultas dan Kampus UNM" tulis Bakhrani.
(**).

Previous
Next Post »
Thanks for your comment