Dari Astra Untuk Indonesia, Diusia 60 Tahun Menjadikan Mimpi Anak Indonesia Tak Sekedar Mimpi

Foto by : Yayanouht
Astra International merupakan salah satu perusahaan multinasional yang didirikan oleh William Soerjadjaja pada tahun 1957 dengan nama PT. Astra International Incorporated lalu berubah nama menjadi PT. Astra International Tbk pada tahun 1990 silam. Perusahaan ini berdomisili di Jakarta dan tercatat dibursa efek jakarta sejak tahun 1990. Mayoritas kepemilikan saham saat ini dipegang oleh  PT. Trans Corp yaitu sebesar 50,1 persen. Hingga saat ini Astra telah meiliki 29 anak perusahaan dari berbagai bidang seperti, otomotif, agro industri, pelayanan finansial, alat-alat berat, teknologi informasi, infrastruktur dan retail. (sumber : wikipedia.com)

Berbagai program di luncurkan oleh Astra, mulai dari pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia yang terjung aktif membawa Astra hingga seperti saat ini, perbaikan infrasrtuktur, ekspansi ke berbagai pelosok tanah air, peningkatan kualitas dan kapasitas produk perusahaan hingga penandatangan MOU kerjasama antar perusahaan dan lembaga pemerintah.

Astra sejak berdirinya hingga kini berkomitmen menjadi perusahaan multinasional dalam memajukan bangsa dan negara melalui berbagai produk, program dan peningkatan mutu, layanan serta pendalaman kualitas sumber daya manusia yang unggul. Hal itulah yang membuat Astra tidak hanya dikenal sebagai perusahaan profit saja, tetapi disukai dan membawa berkah bagi masyarakat, konsumen dan karyawan. Menjadi pujaan hati rakyat Indonesia, tentu sebuah prestasi yang luar biasa bagi sebuah perusahaan profit. 

Dengan slogan “To Continually Strive for Excellence” Astra berkarya dengan inovasi dan kreatifitas yang unggul, Astra meluncurkan berbagai produknya ke khalayak ramai, menghasilkan sebuah brand yang cukup dikenal di bumi nusantara, hingga membuat siapa saja di akhir abad 19 pada bidang otomotif hanya mengenal yang namanya Astra. Astra telah merajai pangsa asar dibidang otomotif pada saat itu, Buktinya saja, keluaran Honda Supra X sejak tahun 1997 hingga kini masih sangat sering ditemukan dipelosok tanah air.

Mulai saat itu, nama Astra tak asing lagi bagi rakyat Indonesia. Mendengar namanya saja, maka orang akan berpikiran tentang sebuah kendaraan yang telah melegenda sejak akhir abad ke-19 itu. Sehingga tak lazim lagi jika dijumpai banyak sesuatu hal diberbagai daerah yang masih setia menggunakan produk PT. Astra International Tbk. Gambarannya saja, diberbagai pelosok tanah air dengan segala keunikan dan keberagaman, astra telah menjadi produk kesayangan rakyat dan menjadi tonggak dalam mempersatukan bangsa dan negara melalui kebutuhan konsumen.

Berawal dari kecintaan produk Astra, berbagai cerita, dinamika dan juga pengalaman menggunakan produk Astra serta bantuan dan kepedulian sosial yang diberikan kepada masyarakat membuahkan hasil yang begitu baik dalam karir perjalanan Astra hingga kini. Tidak hanya pada tataran bantuan secara materil kepada mayarakat, namun lebih kepada investasi yang begitu besar ditawarkan melalui program CSR perusahaan serta kinerja anak perusahaan yang dimilikinya.

Program tersebut terakumulasi dalam 4 pilar yaitu pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan kesehatan. Program ini tidak hanya membantu masyarakat dalam dalam tahapan sementara saja, namun program ini menawarkan investasi pencerdasan intelektual generasi bangsa dalam jangka waktu yang tidak tentukan, sebab sebuah investasi tentang perbaikan generasi bangsa kedepan adalah sesuatu yang tidak bisa diukur terhadap dampak yang terjadi pada masyarakat.

Selain itu, testimoni masyarakat Indonesia dalam menggunakan produk Astra sampai saat ini terbilang sangat positif, mulai dari yang masih setia menggunakan motornya yang telah lama dan kusam tetapi tetap sebagai tulang punggung keluarga, menggunakan produk astra sebagai pacuan utama dalam berwirausaha, hingga bantuan pendidikan bagi mereka yang kurang mampu dan berprestasi melalui program beasiswa.

Sedikit kroscek tentang apa yang telah dilakukan Astra, banyaknya cerita tentang masa kelam hingga sukses bermula dari mereka yang menggunkan produk Astra, seorang pedagang keliling, penjual ikan dari lorong ke lorong, bapak guru yang menyusuri perkampungan untuk mengajar tentu sangat terbantukan dengan produk lama yang melegenda dan sangat sering kita jumpai yaitu Honda Supra X. Perjuangan UMKM (Usaha mikro, kecil dan menengah) dalam meningkatkan usahanya, baik itu UMKM yang bergerak pada bidang kuliner, fashion bahkan digital sangat terbantu dengan produk mobil Hi-Max Pick Up yang didesain khusus untuk membantu pelaku UMKM di perkotaan serta pelayanan finansial dari anak perusahaan Astra International. Tidak hanya itu, bahkan dalam volume besarpun tengah dijajaki oleh perusahaan otomotif ini, dalam kurung waktu tertentu tengah membantu pembangunan infrastuktur negara, seperti tol di Mojokerto.
Ini menandakan sebuah perusahaan yang tak pandang bulu, dari kepentingan individu konsumen, komunitas, organisasi, perusahaan hingga kepentingan banyak orang. Astra telah memberikan  banyak kontribusi, mulai dari hal terkecil hingga sifatnya yang begitu besar, itu semua dilakukan demi kebaikan bersama dan semuanya akan terus dilakukan selama tidak menyimpan dari visi dan misi perusahaan.

Bagaimana tidak, setiap program maupun anak perusahaan yang luncurkan selalu menawarkan tentang solusi dari permasalahan negeri yang tengah porak-porandai (kata penyair), itu menandakan Astra berkomitmen untuk ikut andil dalam dalam membangun bangsa dan tanah air tercinta. Oleh karena itu, melalui Astra anak muda Indonesia dari segala penjuru tanah air dapat berkarya dan mewujudkan mimpi-mimpinya. Sebab menurut pandangan saya, Astra hadir tidak hanya sebagai perusahaan yang berafliasi pada keuntungan tetapi juga hadir sebagai teman sekaligus pemberi solusi dalm hal finansial anak muda, sehingga tidak ada alasan bagi generasi bangsa untuk tidak berkarya dan berani mewujudkan mimpinya.

Berkarya dalam tataran Astra tidak dalam lingkup yang kecil dan ecek-ecek saja, tidak dalam sekedar wacana ataupun opini semata, tidak tentang mencari popularitas dan support dari berbagai kalangan yang sifatnya pencitraan. Tetapi, setiap karya yang muncul adalah hasil dari persiapan dan perencanan yang matang. Salah satu bukti kongkrit adalah keluaran biker dari binaan Astra Honda Motor Racing yaitu Dimas Ekky dan Andi Gilang, keduanya telah mengharumkan nama Indonesia pada perhelatan internasional dari berbagai negara dibelahan dunia dengan ikut berkompetisi di moto3 pada CEV Championship International.

Untuk itu, saya berpendapat bahwa Astra lahir dari sebuah meja kerja yang kecil dengan konsep yang sempurna untuk tekad yang besar. Dan, hari ini menjelang usia 60 tahun, Astra menawarkan tentang perubahan dalam mewujudkan mimpi anak muda Indonesia, menjadikan mimpi tak sekedar mimpi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment