SiVION : Tanda Tangan Digital

Perkembangan teknologi informasi berkembang sangat pesat, berbagai bidang kini dapat di akses melalui teknologi yang yang canggih dimasa kini, teknologi masa kini ini menjadi trend dalam melakukan berbagai aktifitas sehari-hari atau lebih sering dikenal dengan sapaan si "internet".

Internet ini tidak asing lagi terdengar di telinga kita sejak abad 20, ia tumbuh dan berkembang dengan begitu cepat. Ia menawarkan berbagai kemudahan dalam mengerjakan sebuah pekerjaan individu ataupun sekolompok individu. Selain itu, cara mengoperasikan si "internet" ini sangat mudah, kalau dahulu hanya mampu dioperasikan melalui komputer, sekarang si internet ini dapat di operasikan melalui telepon pintar yang bisa dibawa kemana-mana.

Salah satu permasalahan yang sering menghambat pekerjaan atau berkas administrasi lainnya adalah tanda tangan.
Tanda tangan ini sering dikeluhkan oleh individu yang membutuhkannya, contoh kasus, misalnya seorang mahasiswa yang ingin ujian akhir/skripsi untuk mendapat gelar sarjana butuh banyak tanda tangan, dari guru pembimbing, ketua prodi, ketua jurusan dan penguji yang bersedia menjadi penguji di ujian akhir nantinya.

Mahasiswa ini setiap hari di pagi hari datang ke kampus dengan niat mendapat tanda tangan dari dosennya yang untuk mengikuti ujian akhir, namun dosennya ini tengah sibuk dengan berbagai urusan. Anggaplah dosennya tengah mengikuti pengabdian masyarakat di luar daerah yang jauh dari kampus. Oleh karena itu, mahasiswa ini harus pulang dan menunggu dosennya kembali, padahal rencana untuk ujian akhir sudah tersusun dengan sangat baik, sebelum dan setelah ujian akhir telah dibuat daftar-daftar yang akan dilakukannnya.

Namun, karena terkendala "tanda tangan" maka semua jadwal yang telah disusun berantakan tidak sesuai dengan harapan. Contoh kasus ini adalah contoh kecil dalam permasalahan dalam dunia kampus, bagaimana dengan dunia pemerintahan? Kesehatan? Dan sebagainya.

Nah, sekarang pemerintah melirik permasalahan ini sebagai permasalan yang cukup penting. Hari ini (08/11/16) tepatnya di Grand Clarion Makassar, KOMINFO menyuarakan tentang tanda tangan yang sifatnya dapat diakses dan diverifikasi di SiVION (Sistem Verifikasi Identitas Online Nasional) yang di sebut "Tanda Tangan Digital". Untuk daftar tanda tangan digital silahkan klik disini.

Tanda tangan digital ini dapat memecahakam permasalahan yang dialami mahasiswa diatas, jika saja dosennya sedang berada di luar daerah maka tanda tangannya dapat dilakukan secara online walaupun dari jarak yang berjauhan.

Tanda tangan digital ini menurut saya meruapakan sebuah generasi teknologi informasi yang cukup bagus dan sangat dibutuhkan masyarakat dalam mengembangkan dan mempermudah berbagai pekerjaan administratif.

Jadi? Sekarang sisa bagaimana kita menjadi pengguna teknologi informasi yang baik dan sehat, menggunakan IT untuk kepentingan dan kemaslahatan orang banyak.

Sebab, dunia IT sangat besar dan luas sehingga akan sangat tinggi peluang terjadinya kejahatan dalam dunia teknologi informasi.

Ayo, sekarang siapa saja bisa dapatkan tanda tangan digital dengan mengakses dan mendaftar disini

Seminar Tanda Tangan Digital oleh KOMINFO
08 November 2016

Previous
Next Post »
Thanks for your comment