Psikolgi Pendidikan : Makalah Pengaruh Tiap Individu dalam Belajar Kelompok Terhadap Hasil Belajar pada Mahasiswa PTIK 03 2013 Universitas Negeri Makassar



MAKALAH
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
“Pengaruh Tiap Individu dalam Belajar Kelompok Terhadap Hasil Belajar pada Mahasiswa PTIK 03 2013”

Oleh :
Nurhidayatullah
1329040116






PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER
PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2016



KATA PENGANTAR
 Bismmillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji Syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa atas  limpahan rahmat dan karunia_Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita masih bisa bernafas dan beraktivitas sesuai keseharian kita masing-masing. Semoga pencapaian kita pada hari ini membuat kita semakin bersyukur dan menyadari sebatas mana kemampuan seorang manusia dalam bertindak.
Ucapan terbaik untuk manusia terbaik yang pernah ada didunia ini yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan lalulintas keselamatan bagi seluruh umat manusia dalam menjalani kehidupan penuh makna. Oleh karena itu, penulis menyadari adanya kesempurnaan bagi maha pencipta segala macam aspek kehidupan tanpa terkecuali, dan manusia hanyalah mampu berencana atas kesempurnaan-kesempurnaan yang ingin dicapainya.

Dalam penulisan makalah yang berjudul “Pengaruh Tiap Individu dalam Belajar Kelompok Terhadap Hasil Belajar pada Mahasiswa PTIK 03 2013”, penulis merencanakan sebuah kesempurnaan dalam penulisannya. Namun, sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan, tentunya mengharapkan saran dan kritikan yang sifatnya mendukung guna perbaikan tulisan selanjutnya yang lebih baik.
Semoga pembaca dapat mencerna dan merasakan sensasi dari makalah ini. Terima Kasih.
Wassalamualikum Wr. Wb.

Penulis
Nurhidayatullah



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pembelajaran merupakan salah satu proses yang dilakukan seorang individu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pengetahuannya dalam menambah khasanah kelimuannya. Seorang individu peserta didik dalam belajar cenderung berusaha mencari suasana terbaik yang digunakan agar pelajaran yang didapatkan bisa dengan cepat dipahami. Proses belajar yang dilakukan tentunya bermacam-macam dan dengan suasana yang berbeda-beda. Seperti halnya ketika peserta didik belajar secara privat pada mentornya, otodidak ataupun berlompok.
Pola pembelajaran yang sering dilakukan seorang siswa tentunya berkonotasi pada hasil belajar siswa. Terutama dalam hal pembelajaran dengan menciptakan suasana kelompok belajar. Kelompok belajar tersebut adalah suatu proses pembelajaran yang dilakukan secara bersama-sama berdasarkan arahan dari seorang guru. Seperti yang dikemukakan Suprijono (2010) menyatakan bahwa “Model pembelajaran kooperatif adalah konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk-bentuk yang dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru”.
Model pembelajaran dengan belajar kelompok (Cooperative Learning) merupakan sebuah metode yang dirancang agar peserta didik agar lebih termotivasi untuk belajar secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama sesuai istruksi dari pendidik. Hal ini selaras dengan pernyataan Slavin Isjoni (2011)  bahwa “In cooperative learning methods, students work together in four member teams to master material initially presented by the teacher” yang berarti bejara kelompok dapat merangsang peserta didik untuk lebih bergairah dalam mengerjakan tugas atau pelajaran yang diberikan oleh seorang guru.



Download File Lengkap disini
Jika laman tidak muncul, komentar dengan melampirkan E-mail di Kolom komentar untuk dikirimkan filenya.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment