BAMU? Apakah Mitra yang Tepat Dalam Usaha Anda

Mendirikan sebuah bisnis merupakan sebuah keberanian dalam mengambil sebuah resiko, mulai dari tingkat usaha mikro kecil hingga usaha dengan tingkat yang lebih besar.

"Bisnis itu merupakan sebuah permainan" Ucap akademisi unhas A.M.Nur yang juga merupakan konsultan bisnis dalam membawakan materinya pada "penciptaan jaringan kerjasama BAMU melalui temu bisnis dengan UKM Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar" (11/11/16).

Lanjut Dosen unhas ini mengatakan bahwa "salah satu permainan dalam bisnis itu adalah bagaimana model bisnis yang kita terapkan". Sebab model bisnis yang dimiliki sangat perlu untuk memberikan nilai tambah, perlu adanya sebuah perbedaan dengan pengusaha lain yang serupa dengan jenis usaha yang dimiliki, dan dengan adanya model yang diterapkan dalam usaha maka akan memberikan keunikan tersendiri bagi usaha anda.

Untuk itu, sekarang renungkan bisnis anda sekarang sebenarnya memakai model apa? Atau jika belum punya bisnis. Pikirkan anda akan memakai model jenis apa?
Yah, ada banyak sekali model yang bisa diterapkan pada bisnis yang anda canangkan. Intinya buat model itu menjadi sesuatu yang unik, berbeda dengan yang lainnya. Maka dengan seperti itu, maka permainan akan tercipta pada bisnis anda.

Pemateri kedua dari salah satu bank yang menjadi mitra UKM, mengatakan bahwa "bisnis yang kita miliki sebaiknya pas-pasan. Kenapa? Pas untuk naik haji, pas untuk beli mobil" Dengan nada agak santai dan bersahabat kepada peserta yang merupakan UKM Se-Kota Makassar, membuat situasi yang sedikit hening menjadi suasana yang lebih harmonis.

Bisnis itu adalah tentang bagaimana model yang akan diterapkan. Namun selain model yang dibutuhkan, perlu adanya mitra untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki. Salah satu mitra yang viral di perbincangkan di kalangan usaha mikro adalah BAMU (Bapak Angkat Mitra Usaha). Pertanyaannya apakah ini tepat atau tidak?

Persepsi setiap orang tentu berbeda, sebab bermitra ada banyak pertimbangan yang harus pertimbangkan untuk memiliki parnert usaha yang baik, yang tentunya saling mendukung proses usaha agar tetap meningkat.

Jadi, BAMU?  Yah, suatu inovasi mitra yang sangat bagus. Sebagai penulis, saya sarankan anda memiliki BAMU untuk meningkatkan kualitas usaha anda, sebab dengan BAMU anda bisa saja mengintip bagaimana model yang digunakan perusahaan besar, manajeman yang diterapkan dan pendekatan yang dipakai dalam meminimalisir resiko yang akan terjadi.

Selain itu, peluang meningkatnya popularitas usaha anda sangat besar, bagaimana tidak anda mendapatkan mitra yang sudah berpengalaman di bidangnya dan mungkin juga telah memiliki banyak omset yang menjadi mimpi anda kelak yang akan anda rasakan di usaha anda.

Nah, sekarang bagaimana sih menjaga agar mitra yang kita miliki tetap baik dan sesuai harapan? Kuncinya satu "jaga komunikasi" yah, komunikasi. ! Itulah intinya, setiap kondisi ataupun sebuah hubungan, bermitra, bersosialisasi, memiliki networking yang baik semua berawal dari komunikasi.

Komunikasi yang baik tentu akan menghasilkan output yang memuaskan, anda pelaku usaha? Konsumen? Distributor? Media? Atau hal lain yang mendukung usaha anda? Semua berawal dari komunikasi yang baik.

Hal sepele, kemungkinan kata orang. Tapi sebagai manusia, sifat yang melekat dengan mudahnya terjadi pada diri manusia adalah ketersinggungan. Yah, ketersinggungan ini terjadi akibat komunikasi yang kurang baik.
Jadi? Renungkan sekarang, apakah anda pernah berkomunikasi lantas hal itu menurunkan martabat anda atau popularitas usaha anda?

Jika iya, sekaranglah saatnya bagaimana memperbaiki itu semua.

Anda pengusaha?
Jadilah pengusaha yang bermanfaat tidak hanya bagi diri dan keluarga anda, tapi bermanfaatlah bagi semua elemen makhluk hidup.

Hotel Alden, 11 November 2016
Seminar UKM Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar

Previous
Next Post »
Thanks for your comment