Kala Pendidikan Ada Ditanganku



Pendidikan di Indonesia sangat memberikan dampak yang besar untuk pembangunan bangsa ke depan, terutama untuk mencetak pemimpin yang mampu mengendalikan bangsa di era yang akan datang, dengan tangtangan dan  berbagai masalah yang menghadang. Pendidikan dasar tentunya sangat berpengaruh utnuk pendidikan yang berkelanjutan untuk sebuah ide dan program yang kreatif.
oleh karena itu, pendidikan dasar dan berbagai dampak yang dihasilkan sangatlah menuai banyak manfaat, namun disamping memiliki manfaat juga menuai berbagai masalah dianggap serius. Masalah yang datang tak kunjung selesai bagai sesuatu yang diharapkan saja, untuk itu perlu adanya sebuah inovasi baru untuk mengawal hingga menuntaskan masalah yang sering terjadi dalam proses pendidikan secarara umum dan terutama pendidikan yang di raih dari awal.
Dengan berbagai masalah yang datang tersebut, dimana dalam proses penerimaan pendidikan dasar tentunya dalam sekolah formal seperti dalam ruang lingkup sekolah dasar atau pun sekolah luar biasa yang menjadi tolok ukur keberhasilan pelajar dalam membuat referensi terbaiknya menuju generasi penerus yang handal diberbagai bidangnya. Sering kali kita mendengar berbagai keluhan yang dilontarkan aktivis-aktivis dalam mencari arti sebuah pendidikan dasar hingga menjadikannya sebuah kompetesisi untuk di gali secara bersama-sama mendapatkan sebuah soliusi jitu. Namun, hal yang demikian itu kdang menimbullkan berbagai solusi yang kurang efektif untuk itu yang menjadi landasan dan pokok pemikiran untuk sebuah hasil yang fundamental dan menyeluruh ke masyarakat tentunya harus dibarengi dengan rasa ikhlas dan kerja keras yang tak ada habisnya. Hal itu sepeti jargon bapak presiden jokowi bekerja, bekerja dan bekerja yang sering diucapkan dengan lantang disetiap jumpa persnya atau pertemuan-pertemuan pentingnya dengan berbagai aparat pemerintahannya. Dengan semangat yang diberikan oleh seorang pemimpin seperti presiden jokowi tentunya membuat kit sadar bahawa segala sesuatu yang ingin dicapai harus dengam kerja keras.
Berkaitan dengan pendidikan dasar maka sangatlah bergantung pada bagaimna kita menjadikan pendidikan itu sebagai tujuan yang harus dicapai, yakni dengan kerja, kerja dan kerja. Dengan berbagai alasan yang muncul dari berbagai sudut pandang pemikiran tentang pedidikan dasar dan berbagai tindak tanduk permasalannya , kini saatnya pemuda lahir dengan semangat juang untuk membangun negeri ke era yang lebih modern dan bermartabat sehingga di segani oleh negara-negara lain di dunia.
Andai aku menteri baru bapak anis basweedan, maka hal yang ingin kulakukan adalah menjadikan pendidikan dasar sebagai salah satu mata kuliah wajib diseluruh pendidikan tinggi ataupun swasta dalam berbagai jurusan. Tujuannya agar dikemudian hari hal yang sangat di ingat dan kenang untuk disebarluaskan kemasayarakat mulai dari pelosok desa hingga ke kota adalah pentingnya pendidikan dasar dan berbagai aspek permasalahannya yang harus di tuntaskan. Hal itu tentunya menjadi tangtangan berat buat para kaum pemuda tekhusus kepada mahasiswa untuk bagaimna menposisikan dirinya sebagai pelaksana dari tridarma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat penelitian dan pendidikan. Faktor pendidikan tentunya memegang peranan yang sangat penting untuk dapat melaksanakan ketiga aspek tri darma tersebut. Apek pendidikan menjadi induk pengetahuan untuk mencapai ketiganya. Untuk itu pendidikan dasar dalam mencapai segala cabang ilmu tentunya sangat diperlukan untuk sebuah arah yang lebih baik.
Andai aku bapak anis basweedan, saya akan bersifat terbuka dan membuat sebuah tim khusus untuk mengontrol jalannya pendidikan di tanah air ini. Hal tersebut berguna agar apa yang menjadi dasar penciptaan hidup manusia akan  menjadi berguna dan bermanfaat dalam masyarakat luas.  
Andai aku bapak anis basweedan, saya akan mengembangkan kurikulum 2013 sebagai salah stau langkah awal memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia untuk membenahi segala macam tindak tanduk permasalahan di dunia pendidikan.
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment